Mungkin Hanya Kali Ini

22.48

Aku menyadari satu mantra yang membuatku kadang  tergesa-gesa. Namun, di lain sisi, mantra itu menyandarkan aku pada sebuah ketenangan. Sebuah penerimaan.
Bunyi mantra itu...

"mungkin hanya kali ini"

Kalimat itu seakan tak lepas dari kepala dan saat ini menuntut untuk dikendalikan. Kalau tidak, aku bisa pecah. Seperti kemarin, aku begitu bahagia ketika mendapat kesempatan pergi bersama keluarga, lalu bertemu kakak-kakak relawan, dan berkunjung ke angkringan teman. Tiga destinasi yang jaraknya berbeda kabupaten itu cukup membuatku menelan ludah beberapa kali'. Aku harus memundurkan jadwal satu jam untuk salah satu agenda. Namun, aku begitu ingin memenuhi ketiganya karena "mungkin hanya kali ini kesempatannya". Semuanya dijalankan, dan sekitar pukul sepuluh malam aku sampai di rumah. Hampir pecah.

Namun, aku mensyukuri mantra itu ketika ia datang untuk mengajarkanku arti menghargai keberadaan seseorang. Aku selalu senang diajak bicara, bertemu, ataupun menghabiskan waktu bersama. Disanalah mantra ini sering aku gunakan, bahkan dengan sengaja. Mungkin hanya kali ini kesempatanku untuk bertemu, mendengarkan, dan bicara. Mungkin hanya kali ini energi ceritanya sama, belum berubah karena ditutup waktu menunggu terlalu lama. Disanalah mantra ini aku sadari berguna karena lagi-lagi membuatku belajar menghargai waktu yang penuh misteri.

Aku hanya tidak ingin banyak menyesali sesuatu nantinya ketika segalanya sudah dihentikan detiknya. Aku tak ingin mengacuhkan dan pada saat menanggapi pemberhentian waktu baru bersujud untuk mohon waktu berulang. Aku juga tak ingin mendiamkan yang bercerita dan pada saat aku mati, aku masih penasaran dengan ceritanya. Apalagi abai pada mereka yang jelas ada, hingga nanti ketika benar-benar tak ada, baru terdiam dan berharap ia kembali. Aku bisa katakan itu tak mungkin lagi.

Tak ada momen yang sama akan terulang benar-benar sama. Tak ada. Jadi, ketika kesempatan baik datang untuk bersama-sama, mungkin memanfaatkan kebersamaan itulah pilihan yang paling bijak. 


You Might Also Like

0 comment

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe