Ruang Rahasia

08.37


 Tak sengaja tetap diterima tapi tidak untuk diberikan tempat menetap
Singgah? Silahkan... Bebas...

***

Aku coba tanya pada momen baru bangun tidur tentang mengapa baru-baru ini ada hal yang rasanya tiba-tiba berhenti begitu saja, berbalik arah dari sebelumnya, bahkan enggan menengok
Sayangnya, ia belum bisa beri aku jawaban yang membuat aku mengangguk paham. Katanya,”Hari saja bisa berganti, begitu pula kamu.”

Lalu, aku coba dekati awan. Mungkin dari ketinggian ia bisa lihat segala hal yang terjadi dengan lebih lengkap.
“Terlalu banyak yang terlihat dari sini. Jadi, aku bingung pilih satu yang benar-benar jadi alasan. Kamu mau aku beritahu semua?  dan kamu bisa pikirkan akan pilih yang mana,”katanya.
Hmm, aku hargai kejujuran para awan tapi kali ini aku tak ingin tahu semua, aku cukup ingin tahu yang satu itu saja.

-Tetap mau tahu, tidak ingin menyerah untuk jawaban ketidaktahuan yang sampai pada akhir pertanyaan-

Aku pikir, aku harus istirahat sebentar. Lalu, lanjut berpikir lagi mengenai siapa ya yang harus aku tanya?
Waktu itu gelap. Katanya milkyway terlihat. Hmm.. aku lihat banyak cahaya berpendar di langit tapi aku tak tahu itukah yang dimaksud berbagai kekaguman para mata saat mendongak ke atas.

Aku baru saja menyerah pada nafsu hari ini, mengosongkan tangki energi agar tak ada juga energi yang banyak dikeluarkan, tak sebanyak yang biasanya. Tangki kosong membuatku menyerah pada waktu dan memutuskan mengikuti nasehat “berdoalah sebelum tidur” –karena menurutku sugesti dream catcher yang tergantung cantik di dinding tak sekuat kepercayaan  akan kebesaran-Nya.

Sepi, aku bisa dengar suara angin
Suara tik tok jam meja
Detak jantungku
Suara di bagian fonological loop-ku
Doaku
Dan...
Jawaban atas pertanyaanku yang tak terjawab oleh pagi dan awan

- kutemukan jawabannya tanpa bertanya lagi-

Ruang Rahasia

Ada yang disebut ruang rahasia yang pintunya dikunci oleh waktu
Tak ada cara selain membiarkan ia menjalankan jarumnya untuk membukaan pintu
Terkadang waktu berbaik hati membiarkan pintu terbuka – seperti open house- tapi ia harus tertutup lagi untuk menjaga keamanan yang di dalam

Hanya waktu yang bisa membuka karena aku sudah mempercayakan padanya
Lalu, apa yang bisa membuat waktu menggerakkan jarumnya?
Jarum waktu akan selalu bergerak, jangan khawatir.

Mungkin kah sebenarnya kamu ingin bertanya, bagaimana agar ia menggerakkan lebih cepat? Atau membukakan pintu saja dan membiarkanmu tak hanya jadi tamu?

Aku tak yakin ini akan mudah, tapi bisa jadi masih ada kemungkinan.

“Aku akan menikmati warna-warni hari bersamamu, lebih sederhana daripada benang kusut harapan yang terlalu jauh, aku akan buat jadi jalan-jalan penuh warna dan cerita, selagi waktu menggerakkan jarumnya hingga sampai momen pintu terbuka itu datang dan aku masuk ke ruangmu itu,” –terkadang jawaban itu yang aku rasa paling pas.

Hmm, aku pun ingin mengabarkan bahwa ketika kamu sudah beruntung bisa masuk gerbang depan lalu duduk di teras ruang rahasia bersamaku, akan terlihat ada pintu untuk masuk ruang rahasia yang lebih dalam, setelah masuk lagi – akan terlihat pintu lagi ,  begitu seterusnya...

Biasanya disinilah para tamu kerap terjebak dan ada hal yang rasanya tiba-tiba berhenti begitu saja, berbalik arah dari sebelumnya, bahkan enggan menengok...
Setelah ruang pertama yang bisa kamu kunjungi dan mungkin bisa menetap, dua ruang selanjutnya adalah ruang karya dan ruang keluarga

Waktu – si pembuka gerbang dua ruangan ini akan jauh lebih teliti mengamati yang akan masuk, tapi sesungguhnya ia adalah penjaga yang baik. Ia akan sangat baik pada orang yang memag mengerti pergerakan jarumnya tanpa dibuat-buat, apa adanya, seperti bayi yang dilahirkan dengan segala kesederhanaannya. 

Jarumnya mudah patah, jadi jangan dipaksakan, karena saat sudah patah, berarti kamu pun akan diminta pulang karena ia harus pergi untuk mengambil jarum pengganti , dalam waktu yang tak pasti –--  saat kamu harus pulang dan berikutnya ingin datang lagi, artinya kamu akan ulang mengetuk dari gerbang awal dan bertemu penjaga depan yang mungkin sama ramahnya seperti di awal tapi tak sama mudahnya untuk masuk ke dalam. Jarum patah ternyata cukup menyusahkan.

Tapi, ketika kamu sudah melewati dua lapis ruang rahasia, berkali-kali jadi bayi sederhana yang menyenangkan diajak jalan-jalan keliling ruang rahasia, sekalipun kamu harus pulang, kamu akan diberikan tanda bebas masuk dan waktu akan mengizinkanmu masuk kapan saja yang kamu mau.

---


Saat sang waktu mengadakan open house, dengan senang hati pintu akan terbuka membiarkan kamu singgah, tapi jika ingin tahu cara menetap...
kamu bisa baca lagi tulisan ini dari awal :)



Begitulah malam penuh milky way menjawab pertanyaanku waktu itu
Mungkin si penjaga bernama "waktu" sudah titipkan jawaban
Sekarang, aku sampaikan jawaban itu padamu

Selamat tidur :)



You Might Also Like

2 comment

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe