Dua Ujung Garis

10.47

Banyak cerita akhir-akhir ini. 
dan
Akhir-akhir November, membuat ingin cepat-cepat kembali.

Kembali? Kemana? 

Pernah belajar garis bilangan? Nol (0) adalah angka di tengahnya. Lompat satu kali kanan, akan sampai ke angka +1, dan lompat satu kali ke kiri, akan sampai pada angka -1. Tapi, kali ini, di dua ujung garis itu tidak ada yang bernilai positif atau pun negatif, dua ujungnya tidak punya kutub, tapi tetap ada angka nol di tengah, artinya, dua kutub tanpa nama, tapi tetap saja berlawanan.

Nah, kira-kira seperti itulah akhir-akhir ini, akhir-akhir November ini. Rasanya dibawa ke sebelah kanan nol, lalu sebentarnya sampai di sebelah kiri nol, tidak lama kemudian, kembali ke kanan nol, tapi tidak untuk lama-lama disana. Dari nol ke kanan, perlu perjuangan, dari nol ke kiri -dengan diam saja bisa- tapi.. dari kiri ke kanan, ternyata aku masih perlu bantuan, bahkan sampai bangun pagi dan bersiap memulai cerita lagi.



Aku mulai mengingat-ingat, membuka kenangan sebentar ke luar jendela
Januari - Februari =sedikit di sebelah kiri nol
Maret - Juni = mulai melewati nol sampai ke sisi kanan
Juli - Agustus = bahkan sudah sampai hampir ke ujung kanan, tapi bagaimana pun, sisi kiri tidak boleh terlupakan karena mendewasakan.
September - Oktober = mulai dikembalikan, semakin ke kiri
November = mulai melewati nol lagi, menyeberang, memberanikan diri, sampailah di sisi hampir mendekati ujung kiri, sisi yang sekarang

-sebentar lagi bulan ini habis, lagipula sisi kiri juga sebentar lagi hampir di ujung-

apa sudah bisa dikatakan selesai? kedua sisi yang dipisahkan nol sepertinya sudah terlewati.

Fashionality | via Tumblr

---

Malam ini, aku baca-baca lagi apa yang pernah aku tulis di ujung-ujung November tahun lalu dan tahun sebelumnya lagi. Ternyata tidak senada dengan November tahun ini. November tahun ini tidak melankolis menunggu hujan, tapi membuat hujan untuk menyambut Desember tiba. Aku lebih suka, lebih tenang, aku lebih nyaman, dan lebih merasa aman.

November sempat buat aku jadi "pucat" dan ditanya-tanya, bahkan sempat harus tertidur di aula -mungkin lelah, jadi manja karena badan rasanya berat, bahkan buat aku jadi menangis lebih dari sekali
tapi... itulah sisi kiri, yang awalnya pernah sekali aku coba abaikan dan tolak kunjungi karena takut, tapi akhirnya berkali-kali  coba meyakinkan diri karena aku pernah menuliskan langkah-langkahnya tahun lalu, dan akhirnya aku selesaikan di bulan ini. 
Setidaknya, aku pernah tahu rasanya, dan ketika ada yang ingin tahu, bisa tanya aku...jangan ragu, pasti aku beri tahu. Sering-sering saja lihat ke luar dari jendela, siapa tahu kita bertemu.

---

Satu lagi ternyata...
Dua ujung garis juga aku temui pada kata-kata hari Kamis pagi...
-masih pada sebuah garis, di tengahnya ada nol (0)
satu ujungnya adalah --- deretan daftar yang kamu ingin
satu ujung lainnya adalah --- deretan kenyataan yang kamu butuhkan
Ketika suatu waktu menemukan sesuatu, coba letakkan baik-baik di continuum itu. Ada dimana?
Baiknya, jika bisa mendekati tengah, yang kamu butuhkan, ternyata sama dengan yang kamu inginkan

---

Tahun ini sudah hampir habis, rasanya ingin kembali ke titik nol sekarang, lihat lagi apa yang pernah ditulis sebelumnya, lalu memutuskan harus ke kanan seberapa banyak lagi, bersiap ke kiri seberapa banyak lagi, sampai nanti akhirnya, bisa kembali ke titip nol dan menulis lagi untuk tahun berikutnya.

hislittlethings



Putri


You Might Also Like

1 comment

  1. https://www.youtube.com/watch?v=QFmMj70Fn7A ;steven & coconut treez : Kembali

    BalasHapus

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe