Surat untuk Bapak

07.06

Dear Mr.Sada ...


Selamat malem Pak :) Saya percaya Bapak masih penuh semangat saat ini, dimanapun tempatnya. Satu hal yang istimewa dan mewarnai ulang tahun ke-18 saya adalah nama Bapak. Ketika saya lihat "Happy Birthday Putri , RIP Pak Sada" . Pagi itu saya terkejut dan masih berharap nama yang disebutkan di sisi kanan ucapan itu, bukan nama Bapak..waktu itu saya sangat-sangat berharap :'

Sabtu, 16 Februari 2013
Bapak pasti masih ingat kita bertemu di depan kelas IPS kan, waktu saya pulang sekolah. Kira-kira pukul 9.a.m.
* Bapak :  mau kemana Tri?
Saya : mau pulang Pak
* Bapak : Lo kok pulang ?
Saya : Ya Pak, kata Bu Darma boleh pulang, soalnya sudah selesai bersih-bersih kelas.
Bapak mengangguk-angguk sambil tersenyum ...
saya ingat ... dan Bapak masih baik-baik saja ...

atau mungkin Bapak ingat, setiap kali bertemu saya sehabis tes, Bapak selalu tanya, "Gimana tri, bisa?" "Gimana? dapet 10?"

bersalah untuk Biologi ...
Bapak itu semangatnya BSC (Biology Science Club), tapi saya ? 
Setiap kali ada pembinaan biologi, saya sudah tidak pernah hadir lagi, padahal setiap kali bertemu, Bapak selalu mengingatkan, tapi saya memilih datang KISS-1 saja.

Dari hati, saya suka Biologi, saya suka pelajaran Bapak, ... Tapi waktu itu saya memilih fokus "menulis ... mungkin bukan hanya waktu itu, sampai sekarang pun saya menikmati tulisan...dan 17 Februari ini saya diingatkan lagi pada Biologi, pelajaran favorit saya ...
Maaf sudah mengecewakan untuk Biologi... Maaf saya tidak bisa bawa nama sekolah untuk Biologi... :( saya tidak cukup percaya diri untuk menjadi peserta Olimpiade Biologi... :'( akhirnya saya berhenti di menulis dan debat..., dan menikmati dunia itu...

Saya suka cara Bapak mengajar...
Setiap kali Bapak masuk pintu kelas, tiba-tiba hening. Di kepala kita pasti bertanya-tanya "materi apa?" dan pasti ada seruan "tolong Pak, jangan tanya ke saya" :p . Bapak sering bawa materi yang tidak kita duga. Minggu ini bisa Taksonomi, minggu depan Biogeografi, selanjutnya Hukum Mendel, sampai-sampai ada teman yang membawa buku kelas 1.2.3 untuk menjawab pertanyaan Bapak. Cuma Bapak yang punya suasana seperti itu :') Hebat... 

Oya, Saya sempat ngedumel, karena Bapak sering kali melempar pertanyaan sisa ke saya. Misalnya Bapak  tanya tentang Z satu per satu dan semua tidak tahu, Bapak sering lempar ke saya..dan jreeeng...saya sering deg-deg an jadinya. Kalo saya tahu mah nggak papa, waktu saya nggak tau jawabannya Pak, jadi ada rasa "nyesel" nggak pernah hadir Club bio lagi ._.

dan kalo saya nggak bisa jawab, pasti ...
Bapak : Masak putri nggak bisaaa... / masak nggak tau
Saya : Iya Pak (dalem hati : ini nih lebih sering baca matter debat tentang hukum & sosial jadi begini)
Bapak : pasti lupa, baca-baca lagi bukunya..
Saya : (senyum aja)

Tapi, ini yang bikin saya baca buku sebelum Bapak ngajar, sudah bisa ditebak saya dapet lemparan soal yang keliling tapi belum dijawab... Saya jadi malu kalo terlalu sering bilang "nggak tau Pak .." 
Makasi..dan maaf saya ngedumel :'O

Lucu juga waktu Bapak jaga pemantapan provinsi pelajaran kimia. Satu-satunya pengawas yang mengawasi kita dari belakang, sampe kita sekelas sempet deg-degan, haha :'D

akhir-akhir ini Bapak lupa nama saya dan sempat memanggil saya dengan nama lain, haha, tapi terakhir ketemu, Bapak ingat nama saya lagi :'D 

Satu lagi, akhir-akhir ini Bapak juga sering menanyakan "Mau lanjut dimana nanti Tri" dan pertanyaan "Nggak nyari dokter?" ... tapi terakhir kali saya jawab "Psikologi", Bapak bilang iya, terus waktu ketemu Kak Riri, Bapak titip pesen, "ajak-ajak adiknya disana ya..." 
Buat saya, kata-kata itu satu izin buat saya lanjut di psikologi dan di kampus itu :')

Doakan saya darisana ya pak, disini saya berusaha dan selalu coba ikhlas untuk setiap hasilnya nanti :;)


Saya tidak akan lupa ulang tahun kedelapanbelas ini Pak :'
Saya janji belajar Biologi lebih dari biasanya... 
walaupun saya tahu, saya nggak bisa dapat lemparan soal dari Bapak lagi...

Tumblr_mho5e7uq7g1rdbwzpo1_500_large



From your student

Putri Puspitaningrum





You Might Also Like

5 comment

  1. seseorang akan terus tersiksa jika mengingat sesuatu seperti ini.... aku tau rasanya walau belum pernah mengalami....

    Jika itu terus menerus diingat rasanya sakit ya. Ikatan manusia memang kuat

    tapi Shri Krshna pernah berkata, "wahai putra kunti, untuk apa engkau menangisi manusia yang sudah meninggal ? untuk apa engkau menangisi sisa sari makanan ? Sesungguhnya engkau tidak perlu melakukan itu, engkau hanya menyiksa dirimu dengan mengingatnya"



    Black Hunter

    BalasHapus
  2. sama sekali tidak merasa tersiksa, malah terpacu untuk belajar :D

    BalasHapus
  3. :)

    that's good, but, if you want to be a real excellent, you should forget'em

    BalasHapus
  4. ternyata aku baru tahu klo kamu ikut kelas/club biologi -__- (pantes jago) #telat sadar

    BalasHapus
  5. Black Hunter : Kalo bisa, aku nggak akan melupakan satu pun hal yang pernah mengisi waktuku selama ini karena semua hal ada maknanya. Aku mau selalu bisa membuka waktu lama ketika aku ingin dan aku perlu :) jadi tidak ada alasan untuk melupakan apapun :) Real excellent? bagiku ini lahir ketika seseorang punya pengalaman yang disimpan dalam kotak dan dibuka ketika ia ingin belajar, bukan seseorang yang mendapat pengalaman untuk dicicip,dan langsung dibuang...

    Adi : dulu waktu SMP, sama kelas 1 SMA tapi sebentar aja ._.

    BalasHapus

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe