Kita Membuat Kantong

11.17

Dear my special day ♉(‾▿‾)♉

Tuhan selalu tau apa yang kita perlu dan Tuhan akan selalu memberikannya untuk kita :)
Aku sangat-sangat percaya itu. Ketika kita senang, kita juga perlu merasakan kesedihan. Dibuatlah sebuah scene dimana kita mengalami sebuah kesedihan. Begitu pula sebaliknya.

Bukan apa-apa, disinilah kita belajar tentang makna hidup dan tentunya belajar lebih baik dari letak statis selama ini yang kemungkinan tidak baik.

Hari ini, Putri membuang jauh rasa sakit fisik yang ada. Sugesti Putri sudah 100% sehat mengalahkan perkataan dokter yang bilang harus istirahat 3 hari di rumah. Tapi, Putri keluar ! Putri keluar untuk membuat kantong ^-^

Bicara tentang Pagi yang Crowded

Sebenarnya tujuan ke sekolah adalah untuk membayar rasa bosan di rumah dan minta ganti uang daftar lomba #hahahaha. Sudah dapat itu semua, tapi masih enggan pulang. Putri berjalan, melihat sekolah ini dari sisi lain. Duduk lama disana. Satu per satu orang datang, duduk di sebelah Putri dengan topik pembicaraan yang berbeda. Mulai dari workshop, graduation, prestasi, lomba, rapot, renking, dll. Itu berjalan beriringan satu per satu. Hal yang Putri suka adalah, mereka tidak enggan duduk di sebelah Putri dan berbagi cerita. Disini Putri merasa "dilihat" dan "dianggap". :)
Oya, makasi juga buat Smansa Dps atas apresiasinya dengan memberikan beasiswa prestasi dalam bentuk bebas SPP 3 th buat Putri :) Smansa, You make me calm ! ^-^ #loveYou my school :) disini Kantong prestasiku :)

Sampai pada Siang yang di Jalan !

Kembali lagi ya, badan sedikit 5L rasanya. Tapi, masih enggan pulang. Putri berpikir untuk menyelesaikan sesuatu yang harusnya sudah kemarin  diselesaikan. Well, transfer uang ke bank, ambil buku ke ABC Office, antar buku ke Jl.Pandu, dan pulang. Huft, makan, browsing, dan tidur. "mendapati diri bangun dalam keadaan demam *tidak tinggi*

Sore, melengkapi yang selesai...

Putri sangat sangat sadar Putri tipe orang "moody" kalo kerja. Seperti sore ini, dari 2.30 pm sampe 5.30 p.m , Putri cuma selesaiin satu artikel di satu halaman a4. Bayangkan ya, untuk bahan yg sudah ada dan konsep yang sudah tersedia, itu wasting timeeeeeeee Щ(ºДºщ) . Tapi, tetep apresiasi buat diri sendiri deh "prok..prok..prok..." untuk pertama kalinya Putri nyelesaiin sesuatu yang nggak mood dikerjain :)
Oya, Putri juga ditawarin ngMC event internasional, nggak ada pengalaman ngMC in English, tp main okay-okay aja ._. , Upppsss,inilah proses belajar ^-^ . Semakin banyak kita belajar, semakin banyak pengalaman dan jangan takut salah ! Be positive for my self ..Putri lagi berusaha untuk itu :) ya,,terkadang Putri jadi orang yg over pesimis :' . Terkadang pesimis itu menghambat jalan membuat sebuah kantong yang membanggakan :)

Kita Membuat Kantong Sampai Lewat Jam Malam

Ini yang paling Putri suka. Berkumpul dan Berbagi ^-^
Sekitar jam 6.30 pm , Putri sampe di rumahnya Cok Gung ya, di jalan Pulau Bali. Sebenernya tujuannya datang itu buat nonton film soalnya nama acaranya itu GARAGE SCREENING FORUM FILMMAKER BALI #1 | 15 Juni 2012
dan Putri tidak memperhatikan "Forum Filmmaker Bali", tak pikir cuma nonton film, eh ternyata ? ._.

Sampailah disana, ketemu orang-orang hebat yang gerak di dunia film. Sekali lagi untuk kesekian kalinya menjadi satu-satunya anak SMA ._. , hahaha untungnya ada alumnus Smansa lumayan banyak, dan lagi-lagi bertemu orang-orang teater ^-^ Kenapa nggak dulu nekat aja ya ikut Teater Angin ^-^, tp nggak papa, KISS-1 tetep TOP ! hehehhe ^_^

Ngobrol-ngobrol. Satu per satu orang-orang hebat datang :) Oya, sebelum Putri datang, disana udah ada Kak Dwitra "dadap" yang buat film "Lampion-lampion" yg Putri ceritain di postingan sebelumnya (juara juga), bli Wira dr IKJ yg film dokumenternya sudah pernah dapat piala citra :o , mbok Eka yang juga gerak di film, cok gung, kak shuma :). Semakin lama semakin ramai, sampe sekitar 20 orang, ada dari Anak Alam, Trax Video, dan komunitas lain ^-^

*Diskusi dimulai :)
dari Putri sendiri memang mulai tertarik sama dunia film ya, mungkin mengkhusus di bagian script, beberapa hal yang Putri tangkep untuk Putri sendiri :

*Sebuah film, yang terpenting adalah kekuatan ceritanya !
*Kita harus berani mencoba membuat film. Jangan takut salah. Kalo tidak ada yang salah, kita nggak tau mana yang benar kan...
*Dalam film ada hal penting, yaitu logika imajiner. Jadi, itu tentang kanan ke kiri, kiri ke kanan
*Jangan lupa memahami BAHASA VISUAL untuk membuat film berkualitas
*tidak ada kata tua untuk belajar
*Film itu bagian dari dokumentasi dan dokumentasi itu penting ! ^-^
*Kita juga harus sadar ada standar suatu film disebut baik atau masih perlu diperbaiki
*Festival film itu perlu, tapi kita membuat film jangan sampai hanya "dalam rangka ..."
*Buat film yang berkesinambungan itu perlu, misalnya dokumenter 3 tahun ^-^
*Diskusi di garasi itu SERU ! GANBATE Cok Gung, pertahankan garasi ini :p
*Jangan sampai ita hanya menjadi objek sebuah film ya ^-^

Kita juga bicara masalah klasik perfilman di Bali, mulai dari kurangnya pengetahuan sampai adanya kolonialisme "orang" lain terhadap konsep-konsep film yang harusnya bisa digarap orang lokal ^-^

Kita juga bagi-bagi kue, hehehehhe
Nonton film dari Trax Video yang judulnya Bunting :p *ketawa deh ya nontonnya..
Film - film nya cok gung juga diputar ^-^
Kita juga makan malam bersama :)
Ini seperti pelangi, keindahan yang datangnya benar-benar dibawa alam :) seneng bisa duduk disini :)

Wawaw,  Putri orang yang sangat awaaaaam ttg dunia perfilman, bilang aja baru bisa bagian dari penonton dan penikmat ^-^
Pertama kali mulai masuk dunia film itu waktu diajakin dateng ke acaranya Minikino, screening film pendek di Irama Indah, then pemutaran film pendek Movart #4 , belajar bikin film pas Movart #5 bareng anak-anak Sanggar Anak Tangguh, pemutaran film lagi di Bali Emerging Writers Festival , dan sekarang dateng ke Forum Filmmaker Bali... anyway, Movart #6 kita mau dateng ke desa tempat Anak Alam mulai dikembangkan lo :) Agustus kayaknya ^-^

Banyak sekali ilmu yang didapat. Banyak sekali semangat yang tersalurkan nih kesini.

Tuhan tau, pada kondisi Putri yang sekarang, Putri perlu banyak contoh. Disini Putri ketemu banyak sekali orang-orang Bali yang punya kreatiftas tinggi and bisa jadi contoh ^-^ #HEBAT ...
Seneng, td Tuhan bikin Putri nekat kesini padahal terserang demam ringan pas baru bangun tidur ^-^

Forum Filmmaker Bali .....ini ruang baru untuk Putri belajar tentang film, terutama film dokumenter yang Putri paling suka :)

Di akhir, kita juga sempat mengadakan diskusi lagi tentang kondisi Subak yang dielu-elukan telah menjadi warisan dunia. Baiklah kawan, apa kalian sudah pernah melihat subak ? *dalam artian sistem irigasi bukan sebatas sisa Pura Subak atau perangat Subak?*
Dari sini Putri tau, bagaimana Bali tampak sangat kasihan karena tergerus dan tergerus oleh perkembangan pariwisata, sebut saja pembangunan villa.

Kita juga ada rencana untuk membuat film tentang Subak ini ^-^ untuk Bali ...untuk kita belajar :)

***

Jangan berpikiran bahwa forum ini yang mengikat kita, tapi kitalah yang mengikatkan diri pada forum ini...
Ada banyak kantong-kantong penggerak seni di Bali, tapi untuk film masih minim...
Inilah kantong kita...

_Forum Filmmaker Bali..._



analogi sebuah kantong : dimana kita membuat sebuah ruang untuk bergerak atau kita berada dalam ruang yang membolehkan kita untuk bergerak sebebas-bebasnya :)


With Love


Putri Puspitaningrum


Nb : Rahajeng Saraswati :)

You Might Also Like

0 comment

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe