The Last Night in this Holiday :D *Peken Kumbasari !*

07.45

Melanggar janji nih.. Harusnya udh tidur. Tadi udh janji buat gk tidur PAGI lagi, eh tapi ? keinget janji ke peken sama mama, jadi kelayapan berduaan :p

---------------------------------------------------------------------------------------


... me :)

..mama :)

.. *gajah mada in the night :D


Seperti biasa, kuparkir motorku di tempat yang sama. Di depan Restoran Hongkong yang sejak aku tersadar menuju pasar sekitar umur *sekian* tahun, itu restoran udah ada. Tapi di permak baru-baru ini.

Pasar sepertinya tidak terlalu ramai. Kantukku hilang menyesap angin malam. Memasuki candi bentar pertama, melewati dagang tunjung (teratai), mama berhenti dan membeli, sembari bercakap-cakap sendiri dengan penjualnya. Dulu kita satu komples rumah di pinggir kali daerah Pemedilan. Aku hanya diam di samping mama.

Akhirnya bosan untuk diam saja, Kualihkan pandangan ke belakang, Terlihat tukang parkir yang tidak asing wajahnya untukku. Dia itu ayah teman satu sanggar tariku. Dulu waktu aku SD, anaknya imut bgt masih TK. Latihan menari bersama di wantilan Pura Tambangan Badung, *aku rinduuuuuuu*

Melanjutkan jalan lagi, kanan dan kiri dipenuhi pedagang, tapi, pembeli masih sedikit jika dibandingkn pengunjung Robinson *ntah mataku yang salah atau gimana*,,, Ada yang setengah tidur, ada yang tidur..

Sebenarnya ke pasar itu buat nyari udang . Hah ? Nyari ? Beli !.. tapi bloggie, yg kita beli adalah :
a. ikan raju (ada moncongnya gitu ikannya)
b. sayur terong ungu (bahan eksperimenku besok di dapur :p)
c. jeruk nipis (rencanya buat terapi muka > eksperimenku juga)
d. sayur daun *gk tau namanya* warnanya ijo (eksperimennya mama,katanya coba aja)
e. kentang, bawang merah, bawang putih, wortel, cabe, tomat (gila, tomat mahal ya, 1000 sebiji)..
f. jepitan rambut, karet rambut, tusuk konde
g. dimana udangnya ? NGGAK JADI BELI :p

*Tentang penjual jepitan rambut ...*

Kuperhatikan dari jauh, raut wajah ramahnya sedikit berkurang. Guyonan yang sering diberikan juga tidak ada, apa hilang, atau dibawa istrinya di rumah ya ? :p
Rambutnya susah memutih. Ingat sekali dulu, setiap kali aku ke pasar, pasti mengunjunginya, berjongkok mmilih ini dan itu, dan macem2 dan bikin omelan.
sekarang juga sama. Aku dan mama berhenti di depan gelaran dagangannya, berjongkok dan memilih. Semangatnya sudah tak sama lagi, kecepatan tangannya yang dulu juga benar-benar dibawa waktu entah kemana.. hmmm..ke tempat dimana umur dibuang..

*Tentang tukang suun (buruh angkut ,biasanya ibu2)

aku dan ibu berhenti di depan dagang ikan.. mama bertanya bumbu masak ikan (aku juga heran, tiap beli apa, mama selalu nanya "masaknya gimana y Bu ?") well, tapi masakan mama selalu ENAK ..
aku menoleh ke kiri, dan melihat ibu-ibu menjunjung baskom besar, penuh ikan dan iar-airnya, ada 1 ikan yang menjuntai ke bawah ingin jatuh.. bisa bayangkan, gimana beratnya ? gimana harus nahan nafas karena amis ikan sebanyak itu?.. Pelajaran moral untuk menyimpan derita demi makan keluarga :D "BEST woman of tukang suun

..
jalan lagi, berhenti lagi di dagang kentang.. kupergoki nenek tua yang berjualan daging ayam..tua sekali.. baru aku mau bicara, mama sudah mendahului, "miihh,,nak tua kene, nu peteng-peteng dini.." ,, tua sekali dan pelan ia berkata "ayam Bu..ayam"
positif thinking lah, pasti anaknya sedang bekerja. Seketika ingatanku melayang pada kakekku yang sedang tidur di rumah.. Well..pasti tiap orang yang dulu lewat dagangannya juga berpikir seperti itu, mempertanyakan anaknya dimana.. dan anak serta cucunya di rumah.. :'( perlahan tapi pasti, walaupun papa mamaku kerja, tp tetep aja, itu bukan kewajaran kan..kakekku, i love you :*
--
jalan lagi.. mendapati lagi dagang-dagang yang setengah tidur ...
kelu lidahku, pilu hatiku :p
ada yang baru datang, duduk sebentar sebelum menggelar dagangan hingga pagi, ada yang berbenah untuk pulang..
lelah mereka, ..semoga cepat dibawa pergi angin malam :)

sampai di depan gerbang coklat rumahku, aku disambut seekor anjing lucu :) Belle



yap, tapi itulah cara bertahan hidup :)

*yang membuat sesuatu itu dikatakan "besar" atau "kecil" adalah pikiran kita kan :)
dan aku berpikir, jalan-jalan malam di peken Kumbasari untuk malam terakhir liburan kali ini, adalah hal besar ! :)*

You Might Also Like

0 comment

I'm so glad to receive your words :)

Translate

Entri Populer

Subscribe